Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

DPRD Sumbar Dukung Pembukaan Jalur Kereta Api Kayu Tanam Pakumbuh

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 27 Februari 2017 JAM 06:54:33 WIB

DPRD Propinsi Sumatera Barat dorong percepatan pembangunan rel kereta api dari Kayu Tanam menuju Bukittinggi dan Payakumbuh. DPRD  berharap kedatangan Menteri BUMN ke Sumatera  Barat dapat memperjelas nasib jalur kereta api yang sudah di rencanakan tahun 2015 lalu.

Mengurangi beban jalan dan kemacetan jalur padang bukittinggi, Dewan Perwakilan Rayakat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat mendorong Pemerintah Daerah dan Pihak Kereta Api Indonesia segera merealisasikan lanjutan proyek kereta  api di Sumatera Barat. Sebelumnya kereta api memiliki peran penting di Sumatera Barat terutama   masa kemerdekaan. Sejak berkemebangnya  sarana jalan,  pilihan transportasi ini justru   di tutup dan kini kembali di aktifkan. 

Anggota DPRD Sumbar Daerah Pemilihan  Bukittinggi Agam Herman Sofyan mengatakan  DPRD telah  membahas program ini,  namun tinggal  bagaimana pemerintah dan KAI memulai proyek tersebut. Dalam rapat teknis Komisi IV DPRD dengan Pihak  Kereta Api,  kendala utama  adalah pembebasan lahan yang banyak di kuasai oleh masyrakat. DPRD juga menawarkan jika pembebasan tidak bisa ditempuh bisa dilakukan pemindahan jalur.

Hal senada juga Disampaikan  Anggota Komisi IV DPRD Sumbar Nurnas. Saat ini sejumlah jalur KA  sudah dibuka  diantaranya Padang Pariaman , BIM dan terakhir hingga ke Kayu Tanam. Pembukaan jalur ini tidak hanya sebatas wacana namun  program prioritas Pemerintah Pusat.

Wartawan : GUSRI EL FAISHAL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat