Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

KISAH PENCARI BATU BERJUANG MELAWAN ARUS SUNGAI

TVRI Sumatera BaratEkonomi 09 Februari 2023 JAM 06:00:00 WIB

Beginilah suasana para pencari batu air, disungai Batang Anai di daerah Asam Pulau, Nagari Anduring, Kecamatan 2xii Kayutanam, Kabupaten Padag Pariaman. Terlihat belasan orang pencari batu air ini dengan semangat dan penuh kehati-hatian berjuang mengumpulkan batu didalam air yang cukup deras itu untuk dijual. Dengan alat tradisional, seperti benen ban mobil yang dijadikan pelampung digunakan sebagai sampan untuk dimuat batu air.

Dari yang terlihat tidaklah mudah untuk melakukan hal tersebut. Apalagi derasnya air sungai. namun kegiatan sebagai pencari batu air yang sudah dilakoni sejak belasan tahun itu, menjadi biasa bagi mereka demi menghidupi keluarga. Meski berat, namun uang yang didapatkan dari pencari batu air bisa mengobati letih mereka sejauh ini. dalam seharinya para pencari batu bisa menghasilkan uang 200 ribu hingga 500 ribu rupiah perharinya.

Iwan salah satunya, melakoni pencari batu air sudah dilakukannya sejak masih duduk dibangku sekolah dasar dan masih bertahan hingga saat ini. Untuk mencari batu air, dilakukan berkelompok dengan jumlah 6 orang. jika seharinya bisa mengumpulkan 6 truk batu, maka masing-masing  bisa membawa pulang uang 4 sampai 500 ribu rupiah. Namun jika kondisi cuaca hujan sangat beresiko bagi keselamatan mereka. Kendala lainnya alat tradisional berupa benen mobil yang digunakan juga tidak jarang yang bocor, sehingga batu yang sudah diisi akan kembali berserakan kedalam sungai.

Wartawan : ABDUL / SARIL
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat