Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Harga Komoditi Karet Naik Signifikan

TVRI Sumatera BaratEkonomi 03 Februari 2017 JAM 06:27:36 WIB

Harga komoditi Pertanian Karet di tingkat Pedagang Pengumpul di Kota Padang mulai membaik dibanding beberapa waktu lalu. Saat ini harga komoditi ini mencapai 12 ribu  rupiah per kilogramnya. Jika sebelumnya harga karet hanya berkisar di harga 5000an per kilonya, saat ini petani dapat menikmati harga komoditi karet  yang naik signifikan menjadi 12 ribu perkilogram.

Salah satu faktor penyebab naiknya harga komoditi ini karna pemakaian dan produksi yang meningkat. Seperti salah satu pabrik karet di Kota Padang mengakui harga komoditi ini kembali merangkak naik dibanding tahun lalu. Tercatat  pada tahun 2016, pabrik ini hanya mampu mengekspor karet sebanyak 28  ribu ton ke negara amerika serikat, ini berbanding tipis dengan tahun 2015 lalu yang hanya mampu mengekpor 27 ribu ton.

Disamping itu, fluktuasi harga karet ini juga salah satunya dipengaruhi oleh faktor cuaca, bagusnya pertumbuhan pada komoditi karet ini terlihat ketika cuaca normal, dimana tidak  hujan juga tidak terlalu panas. dengan begitu getah yang dihasilkan pun banyak. Sementara itu dengan naiknya kembali harga karet ini masyarakat yang sebagian besar petani karet kembali bergairah untuk menyadap karetnya dan dapat membantu perekonomian keluarga.

Wartawan : DELIMA FEBRIA, AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat