Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

ABRASI PANTAI KEMBALI MELANDA PEMUKIMAN WARGA

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 16 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

Sejak sepekan ini, abrasi pantai kembali melanda pemukiman warga di Korong Pasir Baru, Nagari Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman.

Jika sebelumnya satu unit rumah warga hancur, sehigga pemiliknya terpaksa mengungsi. Kini abrasi kembali merusak dapur rumah warga yang berada dilokasi itu, sementara karung berisi pasir yang disusun warga dilokasi rumah mereka sebagai antisipasi sementara, tidak bertahan. Siang dipasang, malamnya karung-karung berisi pasir itu sudah hilang kembali.

Imsarlim, tokoh masyarakat setempat mengatakan, ancaman abrasi pantai itu masih berlangsung sampai saat ini. Sehingga membuat warga kesulitan untuk menanganinya. Sementara bantuan berupa pemasangan batu grib kepada pemerintah sampai saat ini belum kunjung datang, padahal sudah berulang kali disampaikan.

Imsarlim menyebutkan, jika dalam waktu dekat penanganan abrasi belum kunjung dilakukan oleh pemerintah, tidak hanya satu atau dua rumah yang akan rusak, namun puluhan warga yang tinggal dilokasi itu akan terancam kehilangan tempat tinggal.

Warga membangun rumah dilokasi itu, karena sebelumnya ada sekitar 80 hingga 100 meter jarak antara pantai dengan rumah warga. Namun seiring ancaman abrasi yang terus melanda, membuat bibir pantai terus terkikis hingga sampai kepemukiman warga.

Wartawan : ABDUL / SARIL
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat