Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kasus Gizi Buruk Menurun 30 Persen

TVRI Sumatera BaratKesehatan 03 Februari 2017 JAM 06:25:19 WIB

Pada tahun 2016, Kasus Gizi Buruk di Kota Padang menurun 30 persen dari tahun 2015. Hal ini dikarenakan Dinas Kesehatan Kota Padang  melakukan pelayanan rutin setiap bulan seperti penimbangan berat badan di sekitar 900 pos pelayanan terpadu (posyandu). Pelayanan dilakukan pada masing-masing Posyandu yang tersebar di 11 Kecamatan di Kota Padang.

Setiap bulan di posyandu juga dilakukan pemeriksaan berat badan dan tinggi badan terhadap bayi dan balita, dari pemeriksaan inlah dapat terlihat bayi yang memiliki berat badan kurang maupun lebih. Nantinya bayi yang memiliki berat badan kurang akan dilakukan pemberian makanan tambahan (pmt). Selain itu, pemantauan serta penyuluhan rutin dilakukan guna memberi pemahaman dan pengetahuan orang tua akan pentingnya pemenuhan gizi pada anak.

Hal ini dirasa penting agar ketika hamil seorang ibu dapat memenuhi kebutuhan gizinya, karena pemenuhan gizi dimulai ketika anak berada di dalam kandungan. Sementara itu, berdasarkan data dari dinkes kota padang kasus gizi buruk di Kota Padang mengalami penurunan sebanyak 36 kasus yang sebelumnya 104 kasus pada 2015 menjadi 68 kasus pada 2016. Diharapkan dengan adanya program penimbangan massal dan posyandu rutin setiap bulan, kasus gizi buruk tahun 2017 di Kota Padang ini dapat ditekan.

 

 

Wartawan : DELIMA F, JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat