Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

BERBURU DURIAN TEMBAGA

TVRI Sumatera BaratKuliner 06 November 2022 JAM 06:00:00 WIB

Jika ada berkunjung ke Sumatera Barat di saat musim duria tiba, anda akan mendapati pedagang yang berjejer di sepanjang jalan utama, termasuk saat anda melintas di Kota Payakumbuh Dan Kab. 50 Kota. Anda akan disuguhi pemadangan deretan penjual durian berjejer di sepanjang jalan pusat Kota Payakumbuh hingga ke jalan-jalan utama di Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Kondisi ini terlihat saat musim durian tiba. Berbagai jenis durian akan anda temui. Salah satu durian yang kerap diburu atau dicari adalah durian jenis tembaga.

 

Durian tembaga memiliki warna daging buahnya seperti mendekati warna tembaga keemasan dengan tekstur yang lembut dan kental dengan kadar air yang sedikit.

Durian jenis ini sangat disukai penikmat durian, hal itu diungkapkan Difa, warga Riau yang berkunjung ke Sumatera Barat.

 

 

Untuk harga jual, mulai dari ukuran paling kecil dijual dengan harga 15 ribu hingga 20 ribu rupiah, dan ukuran jumbo mencapai 50 ribu. Namun harga itu bisa mecapai dua kali lipat jika musim durian mulai berkurang.

 

Menurut penikmat durian,secara umum durian yang baru jatuh dari pohon karena sudah matang rasanya lebih manis dan memiliki cita rasa yang khas jika dibandingkan denga durian yang telah beberapa hari jatuh dari pohon.

 

Selain durian tembaga, juga ada jenis jantung dan kucing tidur, durian ini bentuk buahnya menyerupai jantung pisang, lebih panjang dan besar.

Di Kabupaten  50 Kota daerah penghasil durian, adalah piladang, situjuah, suliki, guguak,bukit barisan , lareh sago halaban  dan sejumlah daerah lainnya di kawasan Utara Limapuluh Kota.

Wartawan : EDWARD
Editor : REDAKSI SBHI


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB