Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pasbar Butuh Banyak Relawan

Kontributor DaerahBencana Alam 15 Desember 2016 JAM 05:53:55 WIB

Berdasarkan data badan penanggulangan bencana, Kabupaten Pasaman Barat masuk dalam ketegori daerah market bencana. Pasalnya seluruh potensi bencana ada di daerah tersbeut. Beberapa bencana yang sering terjadi adalah banjir dan longsor, menyikapi hal tersebut Kabupaten Pasaman Barat membutuhkan banyak tenaga relawan terlatih dan masyarakat yang sadar akan mitigasi bencana. Salah satunya contohnya bancana banjir yang terjadi beberapa waktu lalu.Menyikapi hal tersebut, pemerintah meminta masyarakat aktif dan mau bergabung sebagai relawan yang cerdas dan bisa memberikan petolongan pertama kepada masyarakat saat terjadi bencana.

Hal tersebut disampaikan oleh ketua PMI Kabupaten Pasaman Barat Yunisra. Menurutnya jumlah relawan PMI yang tersebar di sebelas kecamatan di Pasaman Barat masih terbilang minim. Sangat luasnya wilayah Kabupaten Pasaman Barat dan banyak potensi bencana menjadi kendala di tengah masyarakat. Meski demikian, PMI dengan sejumlah kadernya dan instansi terkait saat ini tengah berupaya memperluas jaringan dan menambah jumlah kader hingga ke tingkat jorong. Kemudian disisi lain memberikan pencerahan kepada masyarakat tentang mitigasi bencana untuk mengurangi resiko bencana.

Selain bencana banjir dan longsor, masyarakat Pasaman Barat juga diminta waspada dan siap dengan bencana gempa dan tsunami. Karena saat ini tercatat seratus lima puluh kilomter wilayah Kabupaten Pasaman Barat berada di bibir pantai dan masuk dalam zona merah tsunami. Bahkan sejumlah gunung di daerah tersebut masuk dalam kategori gunung aktif.

 

Wartawan : Andika/ Andika
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat