Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Masyarakat Sasak Minta Pemerintah Normalisasi Tiga Muara Sungai

Kontributor DaerahBencana Alam 15 Desember 2016 JAM 05:48:39 WIB

Sejak puluhan tahun lalu, masyarakat Nagari Sasak Kekcamatan Sasak Ranah Pasisia, khususnya yang bermukim di didekat bantaran sungai terus menjadi lokasi langganan banjir. Banjir menghampiri Nagari Sasak, karena daerah tersebut merupakan muara dari tiga aliran sungai besar di Pasaman Barat. Tiga aliran sungai tersebut adalah sungai batang pasaman, batang kapa dan aliran sungai batang ampu.

Buruknya kondisi muara tiga aliran sungai tersebut, membuat masyarakat setempat tidak bisa lagi mengelak saat musim hujan datang. Bahkan kerugian materi dan lahan pertanian diperkirakan mencapai ratusan juta rupiah setiap tahunnya.

Menurut camat sasak ranah pasisia Edwar, normalisasi tiga aliran sungai tersebut merupakan wewenang dari provinsi dan pusat. Pasalnya jika mengandalkan dana dari kabupaten sangat tidak memungkinkan. Oleh karena itu, kedepan masyarakat setempat berharap agar pemerintah pusat memberikan perhatian khusus kepada Pasaman Barat, terutama kawasan yang rawan terjadi banjir langganan ini. Karena jika ini dibiarkan maka kehidupan ribuan jiwa akan menjadi terancam kedepannya. Selain banjir biasa, nagari sasak juga merupakan daerah yang rawan terjadi banjir rob.

Bahkan sejak terjadi gempa di Aceh beberapa kemarin, sejumlah masyarakat yang tinggal di daerah pinggir laut mulai kembali was-was, jika gempa dan tsunami terjadi di Pasaman Barat atau Sumatera Barat. Sebab sejauh ini mereka masih awam tetang mitigasi bencana dan bermukim hanya beberapa meter dari bibir laut.

Wartawan : Andika/ Andika
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB