Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

HARGA TBS MULAI MEMBAIK

TVRI Sumatera BaratPertanian 01 Juni 2022 JAM 06:00:00 WIB

Harga tandan buah segar atau TBS kelapa sawit di Pasaman Barat, mulai mengalami peningkatan sejak satu minggu terakhir. namun, Petani Parsial, masih menilai harga TBS di pabrik masih rendah, dan terlalu  banyak potongan dengan berbagai alasan.

Berdasarkan data dan hasil pantauan dinas perkebunan, harga TBS kemitraan minggu lalu, di pabrik berkisar tiga ribu empat ratus rupiah. sementara harga tbs parsial berkisar dua ribu delapan ratus rupiah per kilonya. perbedaan harga tersebut, karena adanya perbedaan rendeman dari hasil olahan kelapa sawit.

Perubahan harga tersebut, juga membuat harga beli TBS petani parsial di lapangan mulai naik jika dibandingkan dengan sebelum lebaran, yakni sekitar seribu delapan ratus rupiah hingga dua ribu rupiah per kilogramnnya, tergantung kepada jarak dan kondisi buah kelapa sawit masyarakat.

Kepala Dinas Perkebunan Kebupaten Pasaman Barat Edrizal mengatakan,penetapan harga tbs kemitraan saat ini dilakukan empat kali satu bulan, dengan menghadirkan semua elemen terkait. penetapan harga sesuai dengan kondisi pasar CPO dunia.

Dinas Perkebunan bersama Pemerintah juga mengawasi penetapan harga tbs bagi petani parsial, jika penetapan dilakukan sepihak oleh pabrik atau tidak sesuai aturan, akan diberikan sanksi.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat