Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

PETERNAK ANTISIPASI PMK PADA KAMBING

TVRI Sumatera BaratEkonomi 27 Mei 2022 JAM 10:22:48 WIB

Dinas pertanian Kota Payakumbuh meminta seluruh peternak untuk terus meningkatkan kebersihan kandang dan lokasi sekitar untuk mencegah penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) yang telah menyerang puluhan ternak sapi di kelurahan balai jariang Kecamatan Payakumbuh Timur. Upaya pencegahan tersebut telah dilakukan peternak yang ada di Payakumbuh agar mereka tidak mengalami kerugian akibat dampak dari terserang penyakit mulut dan kuku.seperti yang dilakukan peternak kambing yang juga berada di Kecamatan Payakumbuh Timur,mereka berupaya agar kebersihan kandang tetap terjaga sehingga ternak mereka tidak terifeksi penyakit itu. Peternak sangat berharap agar moment jelang Lebaran Idul Adha ini mereka bisa menjual seluruh ternak mereka dengan harga yang cukup tinggi jika dibandingkan hari biasanya.selain itu peternak jgua berharap agar pasar ternak yang sebelumnya ditutup untuk segera dibuka kembali.

Sementara Pemerintah Kota Payakumbuh melalui dinas pertanian terus menghimbau masyarakat peternak untuk melapor jika menemukan hewan ternaknya terindikasi terjangkit penyakit mulut dan kuku (PMK).
tim Dinas Pertanian Kota Payakumbuh akan langsung turun ke lokasi atau ke kandang milik masyarakat yang melapor untuk memastikan kondisi ternak tersebut,jikaterindikasi terinfeksi penyakit mulut dan kuku,nantinya akan langsung diberikan penanganan dan akan dilakukan isolasi. Penyakit mulut dan kuku (PMK) merupakan penyakit yang menyerang hewan ternak berkuku genap atau belah seperti sapi,kerbau,domba,kambing dan babi.Ciri utamanya yakni hewan mengalami panas tinggi sekitar 39 derajat celsius hingga 41 derajat Celsius,lalu hipersalivasi atau keluar air liur secara berlebih,air liur terlihat menggantung dan air liur terlihat berbusa.selanjutnya ada lesi atau bintik-bintik merah sekitar mulut,lidah,gusi dan kuku hewan ternak.

 

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat