Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

BIDIDAYA BIBIT IKAN NILA

TVRI Sumatera BaratEkonomi 18 April 2022 JAM 10:49:08 WIB

Budidaya ikan nila di nagari Bayau Maninjau, Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam ini banyak di minati oleh para petani ikan. Budidaya ikan nila tidaklah sulit, karena ikan jenis ini mempunyai pertumbuhan dan perkembangan yang sangat cepat, sehingga masa panen bisa lebih awal.

Para petani di nagari Bayua Maninjau banyak memilih membudidayakan bibit ikan nila di tambak sawah, selain mudah untuk mengontrol air, petani juga mudah untuk memberi makan, melakukan penyaringan bibit ikan menjelang masa panen. Budidaya ikan nila juga bisa dilakukan di perairan air tawar seperti danau, waduk dan rawa.

Suhu optimal untuk budidaya ikan nila berkisar dari 25 hingga 30 derjat selsius. Dalam satu kali masa panen,biasanya pakan ikan yang dibutuhkan  petani sebanyak 2 hingga 3 karung pakan dengan berat 50 kilogram perkarungnya untuk 200 ribu bibit ikan.

Feri salah seorang petani bibit ikan nila mengaku, dalam satu kali panen bisa meraup keuntungan dua kali lipat bahkan lebih dari modal pertama. jika pembibitan ikan nila sebanyak 200 ribu ekor, dengan harga 50 rupiah per satu ekor ukuran emping. setelah 2 bulan petani bisa melakukan panen bibit ikan nila dengan ukuran 1 inci yang dijual dengan harga 300 rupiah per ekornya.

Selain memenuhi permintaan pengisian tambak ikan di danau Maninjau, ia juga mengisi permintaan konsumen hingga danau buatan, Riau dan Medan.

Wartawan : DODI/ AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat