Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

WISATA RELIGI KE MAKAM KERAMAT SYECH DI BULAN RAMADHAN

TVRI Sumatera BaratPariwisata 15 April 2022 JAM 06:00:00 WIB

Syekh Ibrahim Mufti dikenal luas atau Tuanku Taram adalah ulama kharismatik. Namanya tidak hanya dikenal di Nagari Taram, namun juga melekat di hati jamaah seluruh cabang tarikat (baik naqsabandi ataupun syatariah) yang ada di Sumbar, Riau bahkan Malaysia. Sehinga banyak yang berdatangan untuk berziarah, termasuk pada bulan suci ramadhan tahun ini, menurut cerita, Syekh Ibrahim Mufti bukan asli warga Nagari Taram, ia berasal dari timor tengah,dan diyakini dari palestina.

Ia datang berdakwah ke taram pada tahun 1600-an atau abad 17, selain makamnya juga terdapat makam satu keturunan yakni Syekh Muhammad Nurdin yang makamnya juga berada di samping Surau Tuo Taram. Riwayat hidup Syekh Ibrahim Mufti sarat dengan cerita keramat, pernah diceritakan Syekh Ibrahim yang sedang mencukur rambut, tiba-tiba hilang dan pergi memadamkam api yang membakar Mekkah.

Bukan itu saja negeri taram yang dulu bertanah gersang, tak ada sumber air untuk mengairi sawah,namun sejak Kedatangan Syekh Ibrahim Mufti, perlahan-lahan alam mulai bersahabat, keadaan berubah menjadi lebih baik.

Syekh Ibrahim Mufti pernah menancapkan ujung tongkatnya ke dalam tanah, lalu ditariknya tongkat itu sambil berjalan ke arah timur, tanah kering yang tergerus tongkat Syekh Ibrahim seketika lembab, basah dan dialiri air dan saat ini dikenal dengan nama Kapalo Banda, itulah mata air pertama di Taram yang kini menjadi objek wisata Kapalo Banda Taram.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat