Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

USAHA RENDANG KEMBANGKAN UMKM DI KOTA PADANG

TVRI Sumatera BaratEkonomi 13 Maret 2022 JAM 06:37:45 WIB

Rendang merupakan masakan khas Sumatera Barat yang sudah dikenal oleh semua kalangan, tidak hanya di Indonesia, bahkan juga manca negara.

Dalam membuat rendang, rasa dan kebersihan saat proses pembuatannya menjadi hal yang terpenting untuk menjaga kualitas rendang yang di jual kepada konsumen. Begitulah yang dilakukan oleh para pelaku UMKM yang tergabung dalam kelompok UMKM di Kota Padang ini.

Dalam pemesarannya, mereka mengaku rendang ini sudah tersalurkan ke seluruh daerah di Indonesia.

Tidak hanya sebagai pengembangan usaha, kelompok UMKM ini juga mencari para donatur untuk membantu menyalurkan bantuan masakan rendang, kepada para korban yang terdampak bencana.

Biasanya rendang dengan berat 250 gram dijual dengan harga 70 ribu rupiah, sedangkan untuk membantu korban bencana dijual dengan harga 60 ribu rupiah.

Nining salah seorang pelaku UMKM rendang mengatakan, proses pembuatan rendang ini dilakukan apabila ada pesanan. Satu kali pembuatan rendang kelompok ini biasanya menghabiskan 100-600 kilogram daging sapi. Dan jika ada pesanan untuk masayarakat terdampak bencana bisa menghabiskan 600 kilogram hingga 2 ton daging sapi.

Uniknya, para pelaku UMKM ini tidak memasarkan secara langsung rendang buatan mereka kepada konsumen,  namun melalui event-event Pemerintahan dan BUMN serta para donatur

Wartawan : DODI/ TUA SAMAN
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PANDAI BESI BANJIR ORDERAN

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

POLSEK LUHAK TANGKAP PELAKU CURANMOR

31 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB