Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

LOKASI LONGSOR HARUS DI HIJAUKAN KEMBALI

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 12 Maret 2022 JAM 06:54:32 WIB

Terkait dengan upaya penghijauan ini, dinas kehutanan Sumatera Barat telah menyiapkan bibit yang dapat digunakan untuk pemulihan hutan-hutan yang rusak karna longsor di Pasaman. Pemulihan ini penting dilakukan tidak saja untuk upaya penyelamatan kawasan hutan, namun hal ini juga ikut mengangkat perekonomian masyarakt yang menggantungkan pemasukan dengan bercocok tanam.

Area yang longsor dapat ditanami dengan tanaman-tanaman perakaran kuat yang menghasilkan kayu dan juga tanaman hasil hutan bukan kayu seperti durian, jengkol,  petai dan lain sebagainya. Pemulihan ini harus dilakuan secara komprehensif yang berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat.

Dinas kehutanan mendata pada area longsor di Pasaman juga terdapat kawasan hutan lindung yang ternyata sudah dijadikan ladang oleh warga, padahal dalam aturan tidak diperbolehkan untuk membuka lahan di area hutan lindung. Dinas kehutanan juga sudah menyiapkan bibit-bibit tanaman ini setiap tahunnya yang bisa saja digunakan untuk pemulihan pasca longsor.

Saat ini ada sekitar 250 ribu batang bibit yang bisa di tanam di area longsor, bibit ini dapat digunakan dan dibagikan secara gratis untuk penghijauan di area longsor. Dinas kehutanan juga mengajak untuk adanya gerakan penanaman kembali atau penghijauan di area bekas longsor.

Wartawan : SHERLY /JONI SARTIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat