Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

HARGA TELUR TURUN, PETERNAK TERANCAM MERUGI

TVRI Sumatera BaratEkonomi 11 Maret 2022 JAM 06:57:43 WIB

Hingga saat ini harga jual telur ditingkat peternak terus mengalami penurunan. Meski beberapa waktu lalu sempat naik, namun kondisi tersebut tidak bertahan lama, harga telur kembali turun.

 

Kondisi ini membuat peternak yang ada di Kab. 50 Kota terancam merugi karena  biaya yang dikeluarkan tidak seimbang dengan hasil penjualan telur. Hal tersebut diungkapkan seorang peternak ayam petelur di Jorong Koto Malintang Nagari Balai Panjang Kecamatan Lareh Sago Halaban Kabupaten Limapuluh Kota.

 

Menurut salah seorang peternak ayam Wirman, saat ini sejumlah peternak yang memiliki ayam petelur dibawah 5 ribu ekor telah banyak yang gulung tikar karena harga jual telur tidak mampu menutupi pembelian pakan ternak. Jika kondisi ini terus berlanjut, jumlah peternak yang akan gulung tikar akan terus bertambah.

 

Peternak ayam petelur berharap pemerintah segera mengambil kebijakan agar anjloknya harga telur ini tidak terus terjadi. Karena jika dibiarkan berlarut larut akan banyak peternak ayam yang bangkrut. Hingga saat ini saja sudah terjadi penyusutan populasi ayam petelur yang ada di Kota Payakumbuh dan Kab. 50 Kota, dari jumlah semula 10 juta ekor, kini hanya tersisa 7 juta ekor ayam petelur.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat