Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

HARGA CABAI TINGGI, PEDAGANG MENGELUH SEPI PEMBELI

TVRI Sumatera BaratEkonomi 11 Maret 2022 JAM 06:40:22 WIB

Masih tingginya harga cabai merah di Pasar Ibuah Kota Payakumbuh membuat daya beli masyarakat di daerah tersebut menurun, sehingga berdampak pada sepinya pembeli. Saat ini harga cabai merah lokal mencapai Rp.48 ribu per kilogram, meski harga pada hari sebelumnya jauh lebih tinggi, mencapai Rp.54 ribu perkilogramnya.

 

Menurut seorang pedagang cabai di Pasar Ibuah, biasanya saat harga rendah atau normal rata-rata masyarakat membeli satu kilogram, namun saat ini terjadi penurunan daya beli masyarakat. Apalagi dalam sepekan terakhir terjadi beberapa kali perubahan harga cabai.

 

Sementara harga cabai hijau ukuran kecil saat ini dijual Rp.28 ribu per kilogram. Selain harga cabai, kenaikan juga terjadi pada bawang merah yang mengalami kenaikan dari 28 ribu ke 34 ribu per kilo, sedangkan bawang putih masih normal diharga Rp.25 ribu per kilogramnya.

 

Tingginya harga cabai ini disiasati oleh masyarakat dengan cara mengurangi jumlah pembelian. Jika biasanya konsumsi dalam seminggu mencapai dua kilogram, namun dengan naiknya harga cabe, masyarakat mengurangi pembelian hingga 50 persen.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat