Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

BANJIR BANDANG LUNDAR, KERUGIAN DITAKSIR RATUSAN JUTA RUPIAH

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 15 Februari 2022 JAM 06:00:00 WIB

Banjir bandang yang menghantam Jorong Lundar Nagari Panti Timur Kecamatan Panti Kabupaten Pasaman Sumatera Barat kemarin sore yang disebabkan oleh meluapknya air batang sungai lundar saat ini air yang menggenangi pemukiman sudah mulai surut. Selain meluapnya air sungai, banjir juga disebabkan oleh jebolnya tanggul penahan air akibat material batu dan kayu yang dibawa air pada saat hujan deras sejak siang hingga sore kemarin. Hingga saat ini data yang kami dapatkan diperkirakan 103 Rumah dari 300 KK di Jorong Lundar terendam banjir hingga tidak bisa ditempati,

103 KK tersebut sekitar pukul 4 sore minggu (13/2) kemarin diungsikan sementara ke tempat lebih aman, serta berupaya menyelamatkan barang-barang berharga miliknya. Hingga siang ini menurut pantauan Tim TVRI Sumbar, masyarakat kembali ke rumah masing-masing untuk membersihkan genangan lumpur sisa banjir, dibantu beberapa instansi dari Pemerintah setempat. Masyarakat membutuhkan air bersih dan makanan, karena mereka pada saat ini hanya fokus untuk melakukan pembersihan rumahnya masing-masing.

Sampai saat ini penyebab utama banjir disinyalir adanya pembalakan liar di daeerah tersebut. tidak ada korban jiwa pada peristiwa ini namun kerugian yang dirasakan penduduk terutama puluhan hektar lahan perkebunan dan persawahan tidak bisa digarap lagi serta ternak dan usaha lainnya yang ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. Beberapa instansi Pemerintah Kabupaten Pasaman terus membantu masyarakat untuk membersihkan puing-puing kayu dan lumpur yang masuk kerumah warga. bantuan tersebut ada dari Aparat Kepolisian Polres Pasaman,Sat Pol PP, Camat Panti dan Warga Sekitar.

Wartawan : TEJA ALONE
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB