Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

TUMBUHKAN KARAKTER DISIPLIN MELALUI SILAT

TVRI Sumatera BaratOlahraga 28 Juni 2021 JAM 06:12:42 WIB

Seni beladiri silat memiliki berbagai manfaat khususnya untuk pertumbuhan anak, bukan hanya sekedar untuk berolahraga tetapi silat dapat membentuk karakter disiplin, mental yang baik, dan peduli terhadap sesama. Berbagai jenis olahraga dapat dilakukan untuk mempertahankan kebugaran tubuh, mulai dari olahraga ektrem maupun olahraga beladiri salah satunya silat.

Seperti yang dilakukan oleh anak-anak diperguruan Silat Alang Mudo Indonesia Cabang Kota Padang ini, tampak anak-anak antusias dalam mengikuti sesi latihan silat tersebut. Pelatih silat sekaligus atlet silat yang akan berlaga di PON Papua nanti, Anton Yuspermana mengatakan para atlet silat ini disiapkan untuk menjadi atlet silat berprestasi di bidang laga.

Untuk meningkatkan kemampuan atlet latihan dilakukan secara teratur dengan pola Jumat Sabtu Minggu latihan di pagi hari, sementara untuk latihan sore dilakukan di hari Kamis dan Sabtu. Anton Yuspermana menilai atlet yang telah mulai latihan dari usia dini secara berkelanjutan berpeluang besar menjadi atlet silat yang berprestasi di masa yang akan datang, dan pola latihan silat dipastikan aman bagi anak-anak karena di sesuaikan dengan usia dan kemampuan atlet.

Selain itu, silat tidak hanya berfungsi sebagai seni bela diri tetapi dapat membentuk karakter anak menjadi  disiplin, peka terhadap lingkungan, dan memiliki kondisi mental yang baik. Anton Yuspermana menghimbau kepada seluruh orangtua agar mendukung dan memfasilitasi anak untuk mempelajari seni beladiri karena hal ini akan berguna bukan hanya sebagai bekal untuk melkindungi diri tetapi menjadikan anak memiliki mental dan karakter yang baik serta sebagai salah satu upaya agar terhindar dari kecanduan game online.

Wartawan : IRWAN SANTOSO, JONI BAKRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat