Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

MINIATUR RUMAH GADANG DI DASAR LAUT

Kontributor DaerahKelautan dan Perikanan 11 Juni 2021 JAM 06:23:47 WIB

Peringati hari lingkungan hidup sedunia, possi  dan tuah basamo diving club, memasang miniatur Rumah Gadang di dasar laut. Pemasangan miniatur Rumah Gadang dari rumpon, atau terumbu karangan buatan ini, untuk memperbaiki ekosistim di daerah itu. Sejumlah pencinta olahraga selam di kabupaten pasaman barat, peringati hari lingkungan hidup sedunia, dengan cara memasang rumpon atau terumbu karangan buatan di dasar laut, Nagari Air Bangis. Terumbu karang buatan tersebut, sengaja dibuat menyerupai Rumah Gadang, dan ditempatkan di sejumlah titik, yang mengalami kerusakan.

Kehadiran rumpon ini diharapkan bisa memperbaiki ekosistim dan lingkungan sekitar. Anggota possi Pasaman Barat bersama tuah basamo diving club , sudah memasang 3 rumpon, dan menargetkan pemasangan 1.000 rumpon, di lokasi yang dianggap kritis, namun hal itu dilakukan secara bertahap. Pembina possi Pasaman Barat Decky H Saputra mengatakan, upaya ini, sebagai wujud kepedulian menjaga potensi bawah laut Pasaman Barat, dan ekosistimnya. Karena beberapa titik, mereka menemukan kerusakan yang memprihatinkan.

Disisi lain, kehadiran 1.000 rumpon berupa miniatur rumah gadang ini, juga menjadi daya tarik wisata minat khusus di daerah itu, dan meningkatkan hasil tangkapan nelayan setempat. Possi Pasaman Barat berencana, perbaikan dan perawatan lingkingan ini, akan menyasar seluruh lokasi perairan Pasaman Barat. Mereka berharap semua unsur bisa mendukung, agar upaya ini bisa direalisasikan.,

Wartawan : ANDIKA , ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat