Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

JEMBATAN RUSAK, PELAJAR SEBERANGI SUNGAI UNTUK SEKOLAH

Kontributor DaerahBencana Alam 11 Juni 2021 JAM 06:15:39 WIB

Pasca jembatan ambruk akibat  banjir bandang di Dusun Salak Jalamu, Kenagarian IV Koto Hilia, Kecamatan Batangkapas, Kabupaten Pesisir Selatan, sejumlah peserta didik terpaksa menyebrangi sungai untuk pergi ke sekolah. Hampir 10 bulan, anak-anak di Dusun Salak jalamu ini menyeberangi sungai untuk pergi ke sekolah. Mereka terpaksa melintasi arus sungai yang terkadang mengalir deras demi mendapatkan pendidikan.

Dari pantauan terlihat anak-anak sepulang belajar mengaji menyeberangi sungai untuk pulang ke rumah. Putri salah seorang anak  yang tinggal di Dusun Salak mengaku kadang waswas dan merasa kesulitan untuk pulang dan pergi sekolah yang harus melintas sungai karna kondisi tersebut juga dapat membahayakan keselamatan mereka.

Putri menjelaskan, jika hari hujan dan debit air meningkat ditambah lagi dengan derasnya aliran sungai, anak-anak yang tinggal di Dusun Salak juga tidak bisa pergi sekolah. Putri berharap, jembatan putus pasca banjir bandang di daerahnya dapat segera diperbaiki oleh pemerintah setempat, dan tidak membiarkan dalam kondisi yang berlarut-larut.

Terlebih jembatan ini akses yang harus ditempuh jika ingin pergi berangkat sekolah . Sementara itu Idafril salah seorang warga mengatakan, tak jarang anak-anak di Dusun Salak jalamu tidak bisa mengikuti pendidikan di sekolah saat debit air sungai meningkat. Bahkan para orang tua juga takut melintas sungai demi keselamatan. Puluhan kepala keluarga di Dusun Salak jalamu juga kesulitan membawa hasil perkebunannya keluar untuk dijual, merekapun berharap pemerintah daerah tidak abai untuk memprioritaskan kebutuhan masyarakat yang begitu mendesak.

 

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

BULOG GELAR OP ATASI KENAIKAN HARGA BERAS

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

4 KORIDOR TRANSPADANG MELAKUKAN AKSI MOGOK

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK NAIK DI PARIAMAN

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB