Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Transaksi Di Indonesia Wajib Gunakan Rupiah

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 18 Oktober 2016 JAM 06:50:43 WIB

Terkait mulai banyaknya wisatawan asing datang ke Indonesia, dan disejumlah daerah perbatasan, Bank Indonesia meminta setiap transaksi yang dilakukan oleh siapa saja di Wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus menggunakan rupiah. Untuk itu, Bank Indonesia menghimbau seluruh masyarakat agar memperlakukan rupiah dengan baik sebagai alat untuk bertransaksi.

Bank Indonesia menegaskan uang rupiah merupakan lambang kedaulatan negara yang memiliki status setara dengan bendera merah putih serta lagu kebangsaan indonesia raya. Oleh sebab itu, transaksi yang dilakukan oleh siapa saja yang berada di wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia harus menggunakan rupiah.

Menurut Deputi Direktur Departemen Pengelolaan Uang Bank Indonesia kasus lepasnya Pulau Sipadan dan Ligitan di Selat Makassar beberapa waktu lalu disebabkan didaerah tersebut tidak ditemukan mata uang rupiah. Oleh sebab itu, Bank Indonesia menegaskan transaksi yang dilakukan di Indoensia wajib menggunakan rupiah.

Selain itu, Bank Indonesia berharap masyarakat untuk memperlakukan rupiah dengan baik, yakni dengan cara tidak meremas, melipat dan mencoret, sebab biaya mencetak dan menjaga kondisi uang rupiah tersebut cukup mahal.

 

Wartawan : HARMALIA CAHYANI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat