Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

WASPADA GEMPA SEGMEN SIANOK

Kontributor DaerahBencana Alam 25 Mei 2021 JAM 06:08:13 WIB

Pengamat gempa bumi, Badrul Mustafa menghimbau masyarakat agar waspada terhadap ancaman gempa bumi akibat pergeseran Segmen Sianok. Maka dari itu diharapkan masyarakat memiliki kemampuan MITIGASI bencana gempa bumi yang baik dan rumah yang memenuhi standar tahan goncangan gempa. Masyarakat dihimbau agar waspada terhadap ancaman bencana gempa bumi Segmen Sianok.

Seperti gempa bumi yang terjadi di Kota Bukittinggi beberapa waktu lalu, menurut pakar gempa Badrul Mustofa mengatakan jenis gempa tersebut merupakan gempa jenis gempa darat yang dipicu oleh pergeseran patahan Semangko dan patahan Sumatera.

Badrul Mustafa menilai jenis gempa di darat lebih berbahaya jika dibandingkan dengan gempa yang terjadi di laut, karena kecenderungan gempa darat mengakibatkan kerusakan yang lebih parah jika dibandingkan dengan gempa laut. Hal ini terjadi akibat sumber energi gempa berada dekat dari daratan sehingga goncangan dan efek yang ditimbulkan lebih besar.

Selain itu gempa darat seperti gempa yang diakibatkan oleh Segmen Sianok lebih sulit untuk diprediksi kapan gempa tersebut bisa terjadi Sehingga diharapkan masyarakat lebih waspada dan memiliki kemampuan MITIGASI bencana yang baik dan bangunan yang memenuhi standar untuk menghadapi gempa. Selain harus mewaspadai gempa Segmen Sianok masyarakat dihimbau juga untuk waspada terhadap gempa bumi Segmen Suliti khususnya untuk masyarakat yang berada di solok selatan. Karena gempa Segmen Suliti berpotensi untuk terjadi jika lihat dari periodesasi ulang setelah gempa Segmen Suliti yang pernah terjadi beberapa ratus tahun yang lalu.

Wartawan : IRWAN, TUA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat