Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

NAGARI KOTO TUO PENGHASIL KOPI DI SUMBAR

Kontributor DaerahEkonomi 24 Mei 2021 JAM 06:52:01 WIB

Nagari koto tuo di Kecamatan Sungai Tarab, kabupaten Tanah Datar  terkenal sebagai daerah penghasil kopi. Hasil produksi kopi nagari ini bahkan telah dipasarkan hingga luar Sumatera Barat. Meski tidak memiliki ladang atau perkebunan kopi, namun Nagari Koto Tuo Kecamatan Sungai Tarab, Tanah Datar dikenal sebagai daerah penghasil bubuk kopi di Sumatera Barat. hasil produksi kopi nagari ini telah tersebar dihampir seluruh kabupaten kota di Sumatera Barat, bahkan luar Provinsi seperti Riau dan Kalimantan.

Hampir 80% penduduk Nagari Koto Tuo, perekonomiannya bergantung kepada produksi bubuk kopi. usaha ini pun telah membuka lapangan kerja bagi masyarakat setempat, khususnya bagi kaum hawa. Meski tidak seperti pabrik kopi berskala besar, namun masyarakat Koto Tuo bisa menghasilkan bubuk kopi 2 hingga 3 ton dalam 1 kali produksi.

Untuk bahan baku, selain menggunakan biji kopi lokal, bahan baku juga didatangkan pelaku usaha dari provinsi lain, salah satunya sungai penuh Kerinci. pada umumnya, kopi yang di olah menjadi bubuk kopi, berjenis kopi Robusca. Meski usaha kopi telah di lakoni dalam kurun waktu lama, namun berbagai kendala masih dihadapi oleh pelaku usaha bubuk kopi di koto Tuo. selain modal, pelaku usaha kopi juga terkendala dari pengadaan kemasan yang bergantung kepada toke di kota kota besar sepert Medan dan Jakarta.

Wartawan : ERICKA MARTA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat