Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

MASJID LIMOKAUM BERUSIA 300 TAHUN

Kontributor DaerahSeni Budaya 17 April 2021 JAM 06:12:05 WIB

Masjid Raya Lima Kaum di Kabupaten Tanah Datar merupakan salah satu masjid tertua di Sumatera Barat. Selain diperkirakan berusia sekutar 300 tahun,  masjid ini tergolong unik karena ditopang oleh 121 tiang. Inilah masjid Raya Limo Kaum yang terletak di kenagarian Limo Kaum Kabupaten Tanah Datar. Masjid ini diperkirakan telah berusia lebih kurang 300 tahun, jauh sebelum Belanda menjajah negeri ini.

Berdasarkan sejarahnya, masjid dibangun  berdasarkan kemufakatan masyarakat di 12 koto, 9 koto didalam dan 3 koto diluar. Letak masjid saat ini merupakan untuk ketiga kalinya setelah dipindahdari dua lokasi awal.

Bangunan masjid terbuat dari kayu dan papan, mulai dari dinding hingga tiang, yang sejumlah 121 tiang. Sementara atapnya yang semula terbuat dari ijuk telah diganti dengan seng. Dalam perkembangannya, masjid ini juga mengalami beberapa perbaikan yang dilakukan secara swadaya.

Dibulan Ramadhan 1442 H, aktifitas masjid masih berjalan seperti biasa. Bahkan, banyak lansia yang menamatkan bacaan A-Qur’an mereka yang dilaksanakan mulai dari pagi hari, hingga waktu zuhur tiba.

Wartawan : ERICKA YULIDRA MARTA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat