Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

BKSDA TEMUKAN BUAH BUNGA BANGKAI TERLANGKA

Kontributor DaerahLingkungan hidup 16 April 2021 JAM 06:10:59 WIB

Balai konservasi sumber daya alam atau BKSDA resort Bukittinggi menemukan satu tandan buah Amorphophalus Titanum atau buah bunga Bangkai yang sangat langka dijumpai di Kabupaten Agam.

Kurang lebih satu jam menerobos hutan di jorong Aia Tabik, kenagarian Koto Tangah, Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam. Akhirnya buah terlangka di dunia ditemukan, oleh BKSDA resort Bukittinggi.

Buah berwarna merah ini hampir menyerupai buah sawit, namun tekstur sangat lunak dan bergetah, dan inilah disebut dengan buah bunga Bangkai atau Amorphophalus Titanum. Bunga Bangkai adalah bunga yang dilindungi undang-undang dan sebaran kehidupannya hanya ada di pulau Sumatera, salah satunya di Sumatera Barat. Tidak semua bunga Bangkai berhasil berbuah setelah berbunga. Sementara jarak mekarnya bunga Bangkai dengan buahnya yakni enam bulan.

Jika sudah dinyatakan masak, buah Amorphophalus Titanum ini nantinya berubah warnah merah gelap atau tua, bahkan juga bisa berwarna hitam. Kepala BKSDA Bukittinggi, Vera Ciko mengatakan, buah Amorphophalus Titanum ini sangat langka ditemukan dengan ukuran yang cukup besar. Buah menarik ini memiliki panjang sekitar 179 cm dan lebar keliling batang sekitar 40 cm. Buah Amorphophalus Titanum ini tidak bisa dimakan dan bisa diancam hukum penjara jika mengambilnya.

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat