Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

KERUGIAN AKIBAT ANGIN PUNTING BELIUNG DI PASBAR MENCAPAI RP 657 JUTA

Kontributor DaerahBencana Alam 09 April 2021 JAM 06:03:02 WIB

Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Pasaman Barat, mencatat kerugian akibat agin puting beliung. Minggu kemarin mencapai angka enam ratus lima puluh tujuh juta sembilan ratus dua puluh ribu rupiah, kerusakan tersebut dialamai sekitar 71 kepala keluarga. Angin kencang disertai hujan sejak satu Minggu terakhir, menimbulkan banyak kerusakan bangunan dan sarana umum di Kabupaten Pasaman Barat, kerusakan tersebut terjadi di sejumlah lokasi, dengan total 71 kepala keluarga terdampak langsung akibat peristiwa tersebut.

Berdasarkan data sementara BPBD, kerugian ditaksir mencapai enam ratus lima puluh tujuh juta, sembilan ratus dua puluh ribu rupiah, yang meliputi rumah masyarakat, 4 fasilitas ibadah, 2 fasilitas kesehatan, 6 fasilitas pendidikan, dan 2 bangunan perkantoran. Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Pasaman Barat Decky H Saputra mengatakan, angin punting beliung tersebut, terjadi beberapa kali di Pasaman Barat, kerusakan terparah terjadi jumat siang, yang melanda sejumlah Kecamatan di Pasaman Barat.

 

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa itu, namun kerusakan bangunan dan sarana umum tidak bisa elakan, rencananya pasca mendata dan melakukan pertolongan pertama, BPBD bersama Dinas terkait akan memberikan bantuan kepada korban. BPBD mengaku, angin tersebut berlansung cepat, dan merata di Pasaman Barat, banyak pohon di sekitar permukiman, diduga menjadi faktor banyaknya kerusakan, berdasarkan data BMKG, cuaca ekstrim akan terus terjadi di Pasaman Barat, hingga beberapa hari kedepan.

Pasca mendapatkan data dari Pemerintah Nagari dan Kecamatan, BPBD bersama Dinas terkait berupaya memberikan tindakan cepat terhadap masyarakat, serta tetap memberikan himbauan dan edukasi kepada masyarakat, tentang ancaman bencana.

 

Wartawan : ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat