Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

PEMKO MENYEDIAKAN AIR PDAM SIAP MINUM

Kontributor DaerahLingkungan hidup 26 Maret 2021 JAM 06:19:47 WIB

Pemerintah Kota Payakumbuh melalui Perumda Tirta Sago merencanakan menyiapkan air PDAM siap minum dalam beberapa tahun kedepan. Mewujudkan hal tersebut, sejumlah persiapan terus dilakukan, sehingga nantinya hal tersebut bisa terlaksana secara berkelanjutan. Perumda Air Minum (PAM) Tirta Sago Kota Payakumbuh memasukkan penyiapan layanan Zona Air Minum Prima (ZAMP) atau layanan air PDAM siap minum dalam rencana pelayanan yang akan dikembangkan kedepannya.

Selain menyiapkan air PDAM siap minum, nantinya juga akan menyiapkan air minum dalam kemasan. Hal tersebut diungkpakn Direktur Utama PAM Tirta Sago Khairul Ikhwan. Namun, hal tersebut hingga kini masih terus dipersiapkan sebab saat ini pengembangan layanan ZAMP belum bisa dilaksanakan karena masih fokus untuk harus memperbaiki jaringan pipa air.

Penyiapan ZAMP atau air PDAM siap minum bisa dilaksanakan dalam beberapa tahun kedepan ketika jaringan pipa air dalam penyaluran sudah bisa diselesaikan, seluruh jaringan harus dilakukan pengecekan secara keseluruhan. Sejauh ini menurut Khairul Ikhawan, kendala dalam jaringan akan menjadi yang utama dan ditargetkan bisa selesai dalam jangka waktu satu tahun atau paling lama dua tahun kedepan.

Selain perbaikan dan pengecekan secara keseluruhan jaringan pipa air, pihaknya juga akan lebih memastikan kualitas air yang akan didistribusikan tersebut sudah layak untuk langsung diminum. Terlebih untuk kualitas air dari sumber Water Treatment Plant (WTP) yang bersumber dari air Batang Agam.Saat ini, sumber air bersih dari PAM Tirta Sago Kota Payakumbuh berasal dari Batang Tabik dan WTP. Secara kualitas kedua sumber air ini telah layak dan bisa untuk diminum. PAM Tirta Sago harus bisa memastikan agar kualitas air tidak terganggu selama pendistribusian sebelum mengampanyekan bahwa air yang didistribusikan tersebut sudah bisa diminum.

 

 

 

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat