Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

PEMASARAN KAKTUS GANGGO MUDIA PASAMAN TEMBUS PASAR MANCA NEGARA

Kontributor DaerahLingkungan hidup 25 Maret 2021 JAM 06:34:56 WIB

Kecamatan Bonjol yang di lalui garis khatulistiwa yang memiliki iklim tropis  dikenal juga sebagai tempat budidaya tanaman kaktus di Kabupaten Pasaman, dengan daerah pemasaran telah menembus pasar nasional  hingga manca negara. Saat ini ada ratusan petani di Kenagarian Ganggo Mudiak yang membudidayakan tumbuhan hias kaktus yang identik dengan tanaman khas gurun pasir. Harlina Harun salah seorang petani kaktus di Nagari Ganggo Mudiak, mengatakan tanaman kaktus di Kecamatan Bonjol telah ada sejak 25 tahun yang lalu dan untuk pengembangan budidaya tanaman kaktus ini baru di tekuni masyarakat sejak beberapa tahun belakang.

Dengan adanya bimbingan dari kelompok tani Perwira Tanias Mandiri Pasaman jumlah petani kaktus semakin banyak dari tahun ke tahun, serta untuk perawatan kaktus ini tidak lah serumit tanaman hias lainnya. Harlina juga mengatakan untuk pemasaran kaktus pada saat ini di lakukan masyarakat Ganggo Mudiak melalui media social. Bahkan, permintaan pasar  telah mencapai pasar nasional dan bahkan ada juga permintaan dari luar negeri.

Dengan adanya budi daya kaktus di setiap rumah masyarakat bisa menunjang perekonomian masyarakat Ganggo Mudiak di pandemi Covid-19, yang mana untuk penjualan kaktus sendiri cukup stabil dimasa pandemi saat ini dengan selalu adanya permintaan masyarakat dari setiap daerah. Petani kaktus nagari Ganggo Mudiak berharap kepada pemerintah melalui instansi terkait untuk dapat memperhatikan perkembangan usaha budi daya kaktus di kenagarian Ganggo Mudiak, dengan diadakannya pelatihan kepada petani agar kaktus dari Kecamatan Bonjol bisa memiliki kualitas yang lebih bagus.

 

Wartawan : ARI YOHANAS
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat