Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

SAMPAH MENUMPUK DI JEMBATAN TIMBULKAN BAU BUSUK

Kontributor DaerahLingkungan 17 Maret 2021 JAM 06:38:07 WIB

Banyaknya sampah yang berserakan di dua jembatan di Kabupaten Pesisir Selatan menjadi keluhan masyarakat dan pelintas jalan.Pasalnya sampah-sampah plastik dan sampah rumah tangga yang dibuang ke jembatan sudah menimbulkan bau busuk. Beginilah video amatiran yang sempat direkam warga terkait tumpukan sampah yang dibuang ke jembatan Lintas Jalan Padang Bengkulu, tepatnya di Nagari Batang Betung, Kecamatan basa ampek balai tapan dan Nagari Kampung Tengah Di Kecamatan Ranah Ampek Hulu Tapan.

Sampah-sampah ini diduga sengaja dibuang oleh warga pada saat malam hari, dan jumlahnya semakin hari terus bertambah, yang pada akhirnya menimbulkan bau busuk karena tumpukan sampah yang sudah lama. Kondisi itu membuat para pengendara yang melintasi jembatan menjadi terganggu karena mencium bau busuk sampah. disamping itu,sampah yang berada di jembatan juga bisa jatuh ke sungai dan mencemari lingkungan batang sungai Tapan.

Rian Hasan,salah seorang warga mengatakan kondisi tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja,warga secara sadar diminta untuk tidak membuang sampah sembarangan, kemudian pemerintah melalui dinas terkait diminta untuk dapat mencarikan solusi,sebab dikecamatan itu,juga tidak ada tempat pembuangan sampah. menurutnya, setidaknya ada upaya untuk membuatkan suatu tempat khusus agar sampah tertampung pada tempat yang seharusnya.

Sementara itu, PLT Dinas Likngkungan Hidup Pesisir Selatan, Beni Rizwan mengatakan tahun ini akan ada pembangunan tempat pembuangan sampah yang berasal dari dana APBN, menjelang pembangunan dilakukan, masyarakat secara individu perlu menanamkan kesadaran kuat untuk tidak membuang sampah sembarangan,sebab menjaga kebersihan adalah upaya bersama.

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat