Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

WAGUB SUMBAR MENINJAU DAERAH RAWAN BENCANA

Kontributor DaerahBencana Alam 14 Maret 2021 JAM 06:51:38 WIB

Wakil Gubernur Sumatera Barat Audy Joinaldy mengunjungi sejumlah daerah rawan banjir di Kabupaten Pasaman Barat.Kunjungan tersebut, untuk mencarikan solusi dan langkah yang akan ditempuh, agar masyarakat tidak lagi terdampak banjir. Wakil Gubernur Sumatera Barat Meninjau, sejumlah aliran sungai di Kabupaten Pasaman Barat yakni aliran sungai di Batang Batahan dan Batang Sikabau di Nagari Ujung Gading .

Ke-2 aliran sungai ini telah meresahkan warga karena selalu meluap saat hujan dengan intensitas tinggi tiba. Audy Joinaldy bersama Bupati Pasaman Barat mendatangi, daerah aliran sungai Batang Batahan, dan Batang Sikabau, untuk memastikan solusi pencegahan banjir dan upaya pembangunan irigasi agar lebih bermanfaat kepada masyarakat.

Berdasarkan kajian awal, normalisasi 2 aliran sungai itu diprediksi mencapai 459 miliar rupiah, dan dinilai sulit dikerjakan jika menggunakan dana APBD. Sehingga butuh bantuan pusat melalui sejumlah lembaga atau kementrian terkait. Audy mengaku, selama ini, banjir akibat luapan 2 aliran sungai itu, menimbulkan kerugian yang cukup besar, selain merendam ribuan rumah masyarakat dan merusak harta benda, banjir juga menganggu areal pertanian dan pergerakan ekonomi masyarakat.

Sementara itu Bupati Pasaman Barat Hamsuardi meminta, masalah ini bisa diatasi secara bersama. Pembangunan dan normalisasi 2 aliran sungai mendesak untuk dilakukan, dan butuh kerjasama semua pihak, terutama antara Pemerintah Pusat dan Provinsi. Wakil Gubernur Sumbar  juga berdiskusi dengan unsur Pemerintah Daerah Kabupaten Pasaman Barat, untuk percepatan dan mitigasi bencana lainnya, seperti banjir, longsor dan abrasi di daerah pesisir Pasaman Barat.

 

Wartawan : ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat