Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Kebakaran di Sawahlunto meluas

Kontributor DaerahBencana Alam 30 September 2016 JAM 07:32:33 WIB

Kebakaran hutan dan lahan yang melanda desa Rantih Kota Sawahlunto terus meluas. Bahkan saat ini tercatat kebakaran lahan mencapai 20 hektar kawasan hutan dan 5 hektar lahan karet masyarakat hangus terbakar.Beginilah pantauan udara lokasi kebakaran di Desa Rantih Kota Sawahlunto. Kepulan asap masih terlihat membumbung ke udara setelah menghanguskan 20 hektare hutan pinus dan lahan karet masyarakat. Hujan yang tak kunjung datang ditambah angin yang kencang menyebabkan kebakaran semakin meluas. Dalam pantauan udara ini lahan yang terbakar menjalar sekitar 20 meter ke arah utara dari lokasi awal dan berpotensi terus menjalar ke arah utara.

Menurut warga, kebakaran ini merupakan kali ketiga dalam satu dekade terakhir yaitu pada 2002 dan 2014. Namun kebakaran pada 2016 ini merupakan kebakaran paling besar. Luasnya dampak kebakaran dan sulitnya medan membuat petugas DAMKAR tidak bisa menjangkau titik api. Sekretaris Badan Kesbangpol dan Penanggulangan Bencana Daerah, Meldi Hidayah Marta menjelaskan kandungan minyak pohon pinus yang mudah terbakar juga menyebabkan api cepat merambat dan suit dipadamkan. 

Untuk mengurangi dampak kebakaran, petugas hanya bisa mebahasahi lahan di sekitar pemukiman warga agar kebakaran tidak menjalar. Titik api masih terlihat membakar pepohonan pinus di Desa Rantih ini. Warga terlihat memadamkan api dengan peralatan manual yang membakar hilalang yang berada di bawah Bukit Guring. 

 

Wartawan : Insan Kamil Dakoga
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat