Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

RAFFLESIA ARNOLDII TUMBUH DI AGAM TERBANYAK SE SUMATERA

Kontributor DaerahLingkungan hidup 07 Maret 2021 JAM 06:39:23 WIB

Badan Konservasi Sumber Daya Alam atau BKSDA Bukittinggi menilai, bunga langka jenis Rafflesia Arnoldii, yang tumbuh di kawasan cagar alam Batang Palupuah,Kabupaten Agam, yang paling terbanyak se Sumatera. Bunga Rafflesia Arnoldii salah satu bunga dilindungi Undang-undang yang pertama kali di temukan di Provinsi Bengkulu pada tahun 1818 oleh seorang ilmuan bernama Arnold. Kendati demikian, Bunga Rafflesia Arnoldii juga banyak di temukan di Provinsi Sumatera Barat, khusus nya di kawasan Cagar Alam Batang Palupuh, Kabupaten Agam.

Bahkan tingkat pertumbuhan Bunga Rafflesia Arnoldii di Kabupaten Agam cukup signifikan . Pada tahun 2020, BKSDA Bukittinggi mencatat terdapat 43 Rafflesia Arnoldii mekar dengan kisaran diameter 63 cm sampai 87 cm. Sementara pada Tahun 2021 ini, BKSDA sudah 7 kali Raflesia Arnoldii di temukan mekar. Kepala BKSDA Bukittinggi, Vera Ciko mengatakan, tahun ini sudah 7 pot bunga Rafflesia Arnoldii mekar di Kecamatan Palupuh dan pertumbuhannya signifikan.

Tidak hanya di Batang Palupuh, ada beberapa jenis Bunga Rafflesia yang mekar di daerah lain seperti di Maninjau jenis Raflesia Tuan Mudae. Kemudian Rafflesia Gadutensis juga ditemukan di Padang, Kabupaten Padangpariaman ,Pasaman Barat dan Timur. Selanjutnya Rafflesia Maejerii ditemukan di Kabupaten 50 Kota dan Raflesia Hasseltii ditemukan di Kabupaten Pesisir Selatan , Solok Selatan, Dharmasraya,50 Kota serta Sijunjung.

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat