Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

PENINGKATAN LITERASI PERLU DIMAKSIMALKAN

Kontributor DaerahPendidikan 17 Februari 2021 JAM 06:25:02 WIB

Guna memacu semangat generasi muda untuk meningkatkan literasi, dinas kearsipan dan perpustakaan umum daerah Pesisir Selatan, menyediakan sejumlah fasilitas penunjang. Fasilitas ini ditujukan untuk membangkitkan semangat guna mengembangkan keterampilan. Kepala dinas kearsipan dan perpustakaan daerah Pesisir Selatan, Mawardi Roska meminta gedung perpustakaan umum daerah yang telah selsai dibangun melalui APBN dengan anggaran 10 miliar rupiah ini dapat dimanfaatkan sebagai tempat literasi masyarakat.

Mawardi menjelaskan, perpustakaan umum daerah adalah sebagai tempat pengembangan peradaban manusia,dan di perpustakaanlah tempat literasi bagi masyaratat. Di pustaka umum daerah itu,disediakan sejumlah fasilitas latihan literasi seperti pertanian, kuliner, seni dan budaya dan lain sebagainya. Dia menambahkan bangunan baru tersebut, baru mampu menyiapkan ruangan perpustakaan konvensional, ruang perpustakaan digital, studio mini, tempat berswafoto dan menikmati sunset, serta ruang layanan anak atau rumah pintar, pentas literasi, ruang serba guna serta ruang kerja pegawai bidang perpustakaan.

Sementara Bupati Pesisir Selatan, Hendrajoni mengatakan, keberadaan pustaka umum daerah diharapkan mampu meningkatkan budaya baca masyarakat yang lebih tinggi. Masih banyak sarana dan prasarana lain yang harus disiapkan di gedung perpustakaan tersebut. Seperti mobiler dan rak buku yang representatif, komputer untuk perpustakaan digital, sound system studio mini dan pentas literasi, lighting untuk studio mini dan pentas litrrasi, serta perlengkapan lainnya utk menjadikan perpustakaan sebagai tempat masyarakat meningkatkan kapasitas.

 

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat