Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

KEBAKARAN LAHAN SAWIT DI TIKU SEMAKIN MELUAS

Kontributor DaerahLingkungan 16 Februari 2021 JAM 06:20:31 WIB

Kebakaran lahan sawit semakin meluas di Durian Kapeh, Kecamatan Tanjung Mutiara, Kabupaten Agam. Kondisi itu semakin mempersulit tim gabungan dalam memadamkan api. Kebakaran ini diduga disebabkan cuaca panas dan angin masih berlangsung di daerah tersebut. Tim gabungan BPBD Kabupaten Agam bersama kepolisian terus berupaya memadamkan api yang membakar lahan sawit di Durian Kapeh, Kecamatan Tanjung Mutiara. Kondisi kebakaran semakin meluas hingga mencapai 20 hektar.

Cuaca panas disertai angin kencang, membuat petugas kesulitan untuk mematikan api. Sehingga upaya pemadaman akan semakin sulit untuk dilakukan. Selain persoalan cuaca dan angin kencang, sumber air untuk pemadaman mulai berkurang. Sehingga petugas berupaya mencari alternatif lain. Sementara itu, mobil pemadam kebakaran, tidak bisa masuk ke dalam lahan sawit. Disebabkan akses sangat sulit dan jauh dari pedalaman lahan sawit. Kesulitan diperparah, kondisi tanah gambut. Membuat roda mobil terpuruk dan terjebak.

Syafrizal, kepala bidang kedaruratan dan logistik BPBD Agam menjelaskan, usai melakukan pemadaman di lahan sawit seluas 10 hektar, namun malah meluas ke lahan tetangga. Dan membakar 5 hektar lahan milik warga lainnya. Upaya terus dilakukan, hingga api dapat dipadamkan secara menyeluruh. Tim gabungan berharap kebakaran lahan sawit dapat segera berakhir dan tuntas dikendalikan.  

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat