Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

KALIGRAFI DARI LIMBAH KAYU UNIK DAN ANTIK

Kontributor DaerahSeni Budaya 09 Februari 2021 JAM 06:11:13 WIB

Seni kaligrafi terus berkembang dengan berbagai macam tampilannya. Di kabupaten tanah datar, seorang pengrajin kaligrafi memanfaatkan limbah kayu yang ada di sekitarnya, dan hasilnya, tampilan kaligrafi terkesan unik dan antik.Jika biasanya hiasan tulisan kaligrafi  dibuat dengan berbagai macam bahan kulit, logam, kain, kertas dan beberapa jenis bahan lainnya, namun seorang pengrajin di tanah datar membuat hiasan tulisan kaligrafi dari limbah kayu. Meski berbeda dengan bahan baku pada umumnya, namun hasil karya zulfikar ini tampilannya berkesan unik dan antik.

Zulfikar, pemuda kreatif yang eksis dan sudah lama berkecimpung di kerajinan kayu. Karya-karyanya banyak berasal dari limbah, terutama limbah kayu.Untuk menghasilkan kaligrafi berbahan baku kayu,  rata-rata digunakan jenis kayu jati belanda. Kayu ini ia dapatkan  sisa dari kotak kemasan dan perabotan.

Untuk bisa mencipatkan kaligrafi dari kayu, proses pembuatannya membutuhkan ketelitian dan kesabaran. Pasalnya, setiap detil tulisan kaligrafi haruslah benar, dan memiliki tingkat kesulitan yang berbeda-beda.

Kaligrafi berbahan kayu bekas ini tampilannya semakin menarik, karena pada tulisan dan alas, tampak guratan-guratan kayu disetiap bagiannya dan berkesan antik.Untuk model, bisa disesuaikan dengan pesanan konsumen bahkan bisa dicustom. Untuk harga berkisar ratusan ribu hingga jutaan rupiah satu kaligrafinya, tergantung tingkat kesulitan pengerjaannya.

Wartawan : ERICKA YULIDRA MARTA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat