Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

WARGA PULAU SANGKA JAMBI DATANGI KERAJAAN PAGARUYUNG

Kontributor DaerahPariwisata 08 Februari 2021 JAM 06:47:51 WIB

Ratusan warga pulau sangka di kabupaten kerinci jambi mendatangi istano salinduang bulan karena meyakini jika asal usul mereka berasal dari kerajaan pagaruyung. Hal ini turut dperkuat dengan bukti sejarah berupa ranji kerajaan, yang menyebutkan pulau sangkar merupakan ujung kerajaan pagaruyung. Ratusan orang dari pulau sangka kabupaten kerinci jambi menyambangi kerajaan pagaruyung salinduang bulan, sabtu siang. Kedatangan perdana mereka ini sebagai bentuk silaturahmi dan melihat lansung kerajaan pagaruyung yang diyakini sebagai asal usul mereka.

Bagi warga pulau sangkar, pencarian kekerabatan ini telah dilakukan sejak beberapa tahun yang lalu dengan menyertakan bukti sejarah. Berbagai komunikasi dilakukan dengan raja pagaruyung terdahulu, almarhum Thaufiq TShaib. Tuan heri cipta rajo sutan bagindo ameh, keturunan rajo keminting mengaku bagi warga pulau sangka daerah mereka dikatakan sebagai ujungnya kerajaan pagaruyung. Berdasarkan sejarah, mereka telah lama meyakini nenek moyangya berasal dari kerajaan pagaruyung dan hal ini diperkuat dengan bukti  sejarah seperti ranji kerajaan dan tanah sabingkah yang pernah dibawah ke alam kerinci pada dahulunya.

Tuan gadih pagaruyung Puti Reno Raudha Thaib mengatakan adanya hubungan kekerabatan warga pulau sangkar kerinci dengan kerajaan pagaruyung berawal dari pencarian kekerabatan oleh warga pulau sangkar dan kerajaan pagaruyung. Hal ini turut diperkuat dengan ranji kerajaan pagaruyung sendiri, dimana puti serunduk pinang masak  merupakan cicit raja adityawarman yang dulunya pernah diutus ke wilayah kerinci,  dan menikah dengan sigindo sigarinting.

 

Wartawan : ERICKA YULIDRA MARTA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat