Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

GURU DIMINTA TINGKATKAN KREATIVITAS BELAJAR DI TENGAH PANDEMI COVID-19

Kontributor DaerahPendidikan 06 Februari 2021 JAM 06:45:24 WIB

Mengatasi berbagai kendala yang dihadapi sekolah dan siswa dalam pelaksanaan proses belajar mengajar ditengah pandemi Covid-19, baik saat tatap muka maupun secara daring. Guru diminta untuk terus meningkatkan kreativitas dalam mengajar, sehingg keluhan dan kendala yang dihadapi siswa dapat diatasi. Hingga saat ini sejumlah persoalan masih dialami siswa maupun pihak sekolah dalam proses belajar mengajar. Meski pada awal januari lalu proses belajar tatap muka telah dimulai, namun belum dilaksanakan secara penuh.

Pihak sekolah harus melakukan pembagian jumlah siswa yang mengikuti pembelajaran tatap muka untuk masing-masing kelas, sehingga siswa yang tidak mengikuti belajar tatap muka harus  mengikuti pembelajaran dirumah secara daring, dan pada waktu berikutnya giliran siswa yang belajar dirumah yang mengikuti proses belajar disekolah. Sejumlah kendala masih dihadapi dalam proses belajar seperti itu, selain persoalan jaringan,susahnya siswa menyerap materi serta tidak dipahaminya materi yang diberikan. Untuk itu diharapkan kreativitas guru dalam mengajar.

Hal tersebut diungkapkan Kepala Cabang Pendidikan Wilayah Iv Sumatera Barat saat mengunjungi sejumlah sekolah di Kab. 50 kota. Menurut Asricun, selain harus kreativ dalam melakukan pembelajaran, guru-guru yang ada di tiga kabupaten dan kota dalam wiayah kerja cabang dinas wilayah Iv juga harus mengingatkan protokol kesehatan dilingkungan sekolah, sehingga nantinya proses belajar mengajar dapat kembali dilakukan secara normal dan tidak ada lagi belajar daring dirumah. Hal yang sama juga diungkapkan kepala Smk Pp Padang Mengatas. Kendala yang dihadapi pihaknya dalam proses belajar mengajar ditengah pandemi ini karena sebagian siswa tidak tinggal di asrama sekolah, sehingga terpaksa dilakukan secara daring dan sebagian lagi disekolah diruang kelas.

Pihak sekolah juga terus mengingatkan kepada guru,siswa serta warga sekolah lainnya untuk mengetatkan protokol kesehatan,sehingga tidak terjadi lagi penambahan kasus baru positif Covid-19. Termasuk untuk siswa agar mengikuti proses belajar mengajar secara tatap muka maupun secara daring dengan baik.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat