Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang Panjang

Tradisi menyembelih hingga memasak daging kurban di Koto Katiak

Kontributor DaerahSeni Budaya 14 September 2016 JAM 07:34:03 WIB

Setiap tahunnya dalam menyambut Hari raya Idul Adha masyarakat Kelurahan Koto Katiak Kecamatan Padangpanjang Timur Kota Padangpanjang mempunyai tradisi sendiri. Kebersamaan mereka dalam menjaga tradisi ‘Bakurban- Badunsanak-Mamasak-Jo-Makan-Basamo’ ternyata tidak pernah lekang oleh zaman. Tradisi gotong royong yang barangkali bagi masyarakat perkotaan sudah mulai memudar nyatanya tidak pernah berlaku bagi mereka.

Hampir semua unsur masyarakat terlibat dalam semua proses penyembelihan hingga memasak daging qurban. Uniknya tradisi ‘Bakurban Badunsanak’ yang dilaksanakan didaerah ini sangat memanjakan para kaum wanita dan orangtua. Mulai dari proses penyembelihan hingga memasak hampir semuanya dilakukan oleh generasi muda.

Proses memasak ‘Sampadeh Dagiang’ yang memakan waktu seharian memang membutuhkan tenaga ekstra. Sehingga ada kesepakatan tidak tertulis bahwa khusus pada hari istimewa ini, kaum wanita  berhak mendapat perlakukan istimewa atas pengabdian mereka dalam mengurus rumah tangga.

Wartawan : Yansen
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat