Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaDaerah

3 Komoditi Import Langka

Kontributor DaerahEkonomi 22 Maret 2020 JAM 06:58:43 WIB

Salah satu dampak dari penyebaran Covid 19 yaitu pemerintah memberlakukan pembatasan terhadap Komoditi Import yang menyebabkan terjadinya kelangkaan Komoditi Import dalam menyambut Bulan Suci Ramadhan.

Komoditi Import yang mengalami kelangkaan tersebut antara lain Gula Pasir, Bawang Putih dan Bawang Bombay. Menyambut  Bulan Suci Ramadhan yang akan dimulai beberapa Minggu Kedepan, Kepala  Dinas Pangan Sumatera Barat, Efendi, mengatakan beberapa produk Import seperti Gula Pasir, Bawang Putih dan Bawang Bombay dikhawatirkan akan mengalami kelangkaaan.

Hal ini dikarenakan Komoditi tersebut merupakan Komiditi yang murni Import dan tidak di produksi di Sumatera Barat secara passiv. Untuk Gula Pasir, 100% merupakan produk Import, dan Bawang Putih meskipun terdapat produksi Bawang Putih milik petani Sumbar tetapi petani Sumbar cenderung menjual hasil pertanian mereka ke luar sumbar sehingga sebagian besar Bawang Putih merupakan Bawang Putih Import dari Tiongkok. Dan kondisi kelangkaan Bawang Putih ini diperparah dengan pembatasan Bawang Putih Import akibat dampak Covid 19. Sedangkan untuk Bawang Bombay mengalami kenaikan harga yang drastis pada bulan ini karena menjalang memasuki Bulan Suci Ramadhan terjadi kenaikan permintaan masyarakat terhadap Bawang Bombay.

Dinas pangan menghimbau masyarakat agar tidak melakukan penimbunan terhadap berbagai kebutuhan pokok, karena pihak pemerintah akan terus berupaya memastikan stok kebutuhan pokok tetap mencukupi bagi masyarakat. Sementara untuk antisipasi dinas pangan tidak hanya berkoordinasi dengan pemerintah pusat. namun juga berkoordinasi dengan bulog dalam hal pengadaan gula pasir sehingga kebutuhan masyakat sumatera barat selama ramadhan dapat terpenuhi.

 

 

Wartawan : IRWAN SANTOSO/ JONI BAKRI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat