Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Tikus Dan Burung Serang Lahan Padi Petani

Kontributor DaerahPertanian 20 Februari 2020 JAM 06:10:10 WIB

Ratusan hektare lahan pertanian padi masyarakat di Jorong Sialang Nagari persiapan Bunuik, Kinali, Kabupaten Pasaman Barat di serang hama tikus dan burung. Petani harus memasang jaring dan benang untuk mengusir burung dan menjaga ladang mereka hingga malam hari.

Petani padi di Nagari persiapan Bunuik, Kinali Kabupaten Pasaman Barat, disibukan dengan serangan hama tikus dan burung, di area ladang padi mereka sejak beberapa waktu belakangan. Serangan hama burung ini, membuat petani kesulitan, karena harus menjaga lahan  mereka sejak pagi hingga siang.

Meski sudah dipasang perangkap dan jaring, namun tidak membuat burung-burung tersebut takut, sehingga harus tetap dijaga. Sementara di malam hari, ratusan hektare lahan pertanian masyarakat tersebut juga diserang hama tikus. Puluhan bahkan ratusan lubang tikus terlihat berjejer di pematang sawah, dan terus berkembang biak.

Marino mengaku, serangan tikus dan burung ini, membuat petani harus bekerja ekstra menjaga lahan mereka disiang dan malam hari. mereka berharap, serangan hama ini tidak teralalu mengurangi hasil penen mereka tahun ini. Meski sudah menjadi keluhan menahun, hingga hari ini mereka belum menemukan solusinya. Guna mengurangi resiko serangan hama, sebagian besar petani datang lebih pagi dan pulang menjelang malam, untuk menjaga ladang mereka, bahkan beberapa diantara petani rela tidur diladang hingga memasuki musim panen mendatang.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat