Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Aliran Sungai Batang Mandiangin Butuh Normalisasi

Kontributor DaerahBencana Alam 20 Februari 2020 JAM 06:20:57 WIB

Aliran sungai batang mandiangin di sekitar Kampung Pemalang, Nagari Kinali Kabupaten Pasaman Barat butuh normalisasi.  Diduga akibat pendangkalan di bagian das sungai, membuat puluhan rumah masyarakat seringkali terendam banjir. Meski sudah dilakukan normalisasi beberapa waktu lalu, kondisi aliran sungai batang mandiangin, di Nagari persiapan Wonosari, Kabupaten Pasaman Barat masih butuh perhatian dan normalisasi lanjutan.

Akibat pendangkalan, luapan sungai tersebut seringkali menggenangi puluhan rumah masyarakat, yang berada di sekitar aliran sungai. bahkan, jika memasuki musim penghujan, bisa pastikan luapan air sungai masuk ke rumah dengan kedalaman selutut orang dewasa. Salah seorang warga sekitar priya berharap, pemerintah segera melakukan normalisasi sungai di sekitar permukiman masyarakat, supaya luapan sungai tidak lagi merusak dan menganggu aktivitas masyarakat dan lahan pertanian mereka.

Selain aliran batang mandiangin, sejumlah aliran sungai kecil lainnya di Nagari Kinali juga butuh normalisasi. pendangkalan di dasar sungai, seringkali memicu banjir di beberapa daerah, sehingga dikhwatirkan memakan korban jiwa.

Di beberapa bagian aliran sungai sudah terjadi penyempitan, dan tumpukan sampah. kondisi itu, juga diduga membuat menimbulkan luapan aliran sungai ke permukaan mayarakat. Selain mengancam permukiman, luapan sungai juga mengancam lahan pertanian dan ternak masyarakat. karena bisa dipastikan  jika daerah itu diguyur hujan lebih dua jam, luapan sungai akan merendam permukiman masyarakat .

Wartawan : ANDIKA , ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

BULOG GELAR OP ATASI KENAIKAN HARGA BERAS

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

4 KORIDOR TRANSPADANG MELAKUKAN AKSI MOGOK

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

HARGA KEBUTUHAN POKOK NAIK DI PARIAMAN

26 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB