Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Kapal Hong Kong Diperiksa Sebelum Bersandar Ke Teluk Bayur

Kontributor DaerahSeputar Kota Padang 15 Februari 2020 JAM 06:41:17 WIB

Kapal Hong Kong yang dikabarkan akan berlabuh ke Teluk Bayur terlebih dulu melalui pemeriksaan sebagai upaya pencegahan dan antisipasi penyebaran virus corona.  Jika nantinya seluruh awak kapal tidak terdeteksi terjangkit virus corona maka akan diizinkan berlabuh dan kembali memuat CPO untuk di ekspor ke luar Negri.

Sejumlah masyarakat khawatir dengan adanya kapal Hong Kong yang akan bersandar ke pelabuhan Teluk Bayur.  Menyikapi keresahan masyarakat terhadap penyebaran virus corona dari kapal Hong Kong tersebut ketua komisi V DPRD Sumbar menilai hal ini tidak perlu menjadi kekhawatiran yang berlebihan. Karena berdasarkan koordinasi pihak komisi V DPRD Sumbar dengan KSOP Teluk Bayur sebelum kapal tersebut bersandar dilakukan pemeriksaan oleh Kementrian Kesehatan Pelabuhan.

Pemprov Sumbar pun belum mengizinkan kapal yang mengangkut CPO itu merapat. Jarak terdekat yang diizinkan yakni 10 mil dari bibir  pantai dan akan dilakukan pemeriksaan guna memastikan kesehatan awak kapal. Jika nantinya seluruh awak kapal tidak terdeteksi terjangkit virus corona maka akan diizinkan berlabuh dan kembali memuat CPO untuk di ekspor ke luar Negri.

Muchlis Yusuf Abit menegaskan kapal tersebut sudah sering berlabuh ke Teluk Bayur karena mengangkut CPO dari  Sumbar.  Jika kapal asing yang akan masuk ke Sumbar harus ditolak karena khawatir penyebaran virus corona maka akan berdampak terhadap berbagai Ektor terutama sektor ekonomi. Nantinya produk komoditi asal Sumbar bisa menumpuk dan mematikan usaha masyarakat.

Wartawan : NOVIKA/ AGUSRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat