Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

Polres Solok Selatan Amankan Ribuan Liter BBM Jenis Premium

Kontributor DaerahKriminalitas 12 Februari 2020 JAM 06:06:57 WIB

Kepolisian resort atau Polres Solok Selatan, amankan tiga ribu  liter bahan bakar minyak jenis premium. Diduga akan disalahgunakan dan akan dibawa ke daerah Kerinci, Provinsi Jambi. BBM yang diangkut menggunakan satu unit mobil dum truck, terdapat didalamnya seratus jerigen kapasitas tiga puluh  liter, yang berisikan BBM jenis premium.

Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto menyebutkan, diamankannya BBM ini berkat laporan masyarakat yang telah resah dengan aktifitas pelaku, BBM ini diamankan di Jalan Sampu, Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir. Pelaku yakni, GS warga Buluah Kasok, Nagari Padang Air Dingin, Kecamatan Sangir Jujuan.

Modus operandi yang dilakukan, pelaku melakukan pembelian BBM jenis premium ke salah satu SPBU yang ada di Solok Selatan, dengan cara membeli menggunakan jerigen, kemudian pelaku melakukan penumpukan dirumahnya dengan memasukan BBM tersebut ke dalam bak yang telah dimodiikasi. Setelah dianggap cukup, kemudian pelaku membawa BBM tersebut menggunakan mobil, ke daerah Kerinci Provinsi Jambi untuk dijual kembali kepada penampung di daerah itu. Kegiatan ini diduga telah dilakukan berulang kali, karena jika dilihat dari bak penampungan BBM dirumah pelaku telah dimodifikasi dengan sedemikian baik, untuk menyamarkan kegiatan ini.

Saat ini barang bukti BBM jenis premium, dan satu unit mobil dum truk, telah diamankan di Mapolres Solok Selatan untuk proses lebih lanjut,  namun belum ada dilakukan penahan terhadap pelaku karena ancaman dibawah lima tahun, namun, pelaku diwajibkan melaporkan diri setiap minggu ke Polres Solok Selatan. Dari kegiatan ini, terancam 53 huruf B Undang-Undang Nomor 22 tahun 2001 tentang minyak dan gas bumi dengan ancaman hukuman empat tahun kurungan penjara, dan denda 1 miliar rupiah. Diharapakan, dengan adanya penindakan ini setidaknya memberikan efek jera kepada para pemain penyalahgunaan BBM di Solok Selatan ini.

 

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB