Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Bea Dan Cukai Tingkatkan Pengawasan

Kontributor DaerahEkonomi 05 Februari 2020 JAM 06:18:55 WIB

Sebagai salah satu upaya dalam antisipasi penyebaran virus Corona, Menteri Perdagangan RI berencana akan menghentikan kegiatan impor dari Tiongkok.

Menanggapi hal tersebut, pihak bea dan cukai Teluk Bayur meningkatkan pengawasan terhadap barang impor dari Tiongkok di pintu-pintu masuk ke Sumatera Barat seperti pelabuhan laut dan Bandara Internasional  Minang Kabau. Menanggapi adanya rencana menteri perdagangan Republik Indonesia tentang penghentian  impor sementara untuk beberapa produk asal Tiongkok, pihak bea dan cukai Teluk Bayur meningkatkan pengawasan di pintu-pintu masuk menuju Sumatera Barat.

Pemberhentian barang impor dari Tiongkok ini merupakan salah satu langkah antisipasi pemerintah terhadap penyebaran virus Corona. Pengawasan dilakukan di beberapa tempat antara lain pelabuhan laut di wilayah Sumatera Barat dan Bandara Internasional Minang Kabau.

Pihak bea dan cukai akan mengawasi barang impor yang bisa memiliki potensi untuk menjadi sumber penyebaran virus Corona seperti daging dan lain sebagainya terutama barang impor yang berasal dari Tiongkok.

Halim, kepala bea dan cukai Teluk Bayur mengatakan sampai saat ini barang impor yang berasal dari Tiongkok pada umumnya bukanlah barang yang akan  dikonsumsi melainkan barang berupa alat pabrik, mesin, spare part, dan bahan mentah lainnya untuk kepentingan industri. Meskipun demikian pihak bea dan cukai akan terus melakukan pengawasan terhadap segala barang impor yang datang dari negara Tiongkok yang menjadi negara endemis penyebaran virus Corona. Bea dan cukai Sumatera Barat menghimbau kepada seluruh anggota bea cukai yang bertugas di pintu-pintu masuk ke Sumbar. Dan mengharapkan kepada masyarakat agar tetap tenang dan waspada karena pihak pemerintah tetap melakukan upaya terbaik dalam menangani penyebaran virus Corona ini.

Wartawan : IRWAN SANTOSO, JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat