Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

KPU Padang Ramah Disabilitas

Kontributor DaerahPolitik 30 Januari 2020 JAM 06:03:29 WIB

KPU Kota Padang akan memastikan seluruh elemen masyarakat Kota Padang dapat menggunakan hak suaranya dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat periode 2020-2025,termasuk kelompok masyarakat penyandang disabilitas. Untuk itu, KPU Kota Padang membuat berbagai kebijakan dan melengkapi sarana dan prasarana yang ramah terhadap disabilitas agar kelompok disabiltas dapat mengakses dan berkontribusi dalam tahapan pemilu.

Sebagai salah satu lembaga yang bertanggung jawab untuk mensukseskan penyelenggaraan pemilu dalam pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat. KPU Kota Padang bertanggung agar seluruh elemen masyarakat kota padang dapat menggunakan hak suaranya, termasuk kelompok masyarakat penyandang disabilitas. Untuk itu KPU Kota Padang akan menyediakan sarana dan prasarana serta kebijakan yang dapat memudahkan kelompok disabiltas dalam menggunakan hak suaranya.

Kebijakan yang dilakukan antara lain, bagi penderita tunanetra, KPU Kota Padang akan memberikan izin untuk memberikan pendampingan terhadap penderita tunanetra yang bisa berasal dari petugas KPPS yang ada di TPS ataupun orang yang dipilih langsung dan dipercayai oeh penderita tunanetra untuk mendampinya dalam pemilihan di dalam bilik suara.

Selain itu untuk pemilih tunadaksa, KPU Kota Padang akan memberikan fasilitas berupa TPS khusus yang dapat diakses dengan mudah oleh tunadaksa. KPU Kota Padang akan menyediakan lorong TPS yang lebih luas, dengan diameter minimal 1,5 meter sehingga penderita tunadaksa dapat masuk ke bilik dengan menggunakan kursi roda. Sementara itu Kota Padang akan mulai melakukan sosialisasi terhadap kelompok disabiltas pada bulan Maret 2020. KPU Kota Padang menghimbau kepada seluruh penyandang disabiltas agar dapat berppartisipasi aktif dalam penyelenggaraan pemilu dan memberikan edukasi terhadap masyarakat bahwa kelompok disabilitas peduli terhadap penyelenggaraan pemilu.

Wartawan : IRWAN SANTOSO, RISNALDI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat