Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Panaroma Bukit Sakura Andalan Perekonomian Palembayan

Kontributor DaerahPariwisata 28 Januari 2020 JAM 06:46:21 WIB

Masyarakat Jorong Data Munti, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, mengembangkan keindahan panaroma Bukit Sakura. Destinasi wisata yang baru saja dikembangkan dan mulai ramai dikunjungan wisatawan. Meski lokasi tersebut cukup jauh di atas perbukitan, dengan temuan Rafflesia Arnoldi, daya tarik wisata tersebut semakin dilirik banyak orang. Beginilah pesona keindahan Bukit Sakura di Jorong Data Munti, Nagari Baringin, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam, Sumatra Barat. Daerah berbatasan dengan Kecamatan Tanjung Raya tersebut disuguhi pemandangan terindah dari Danau Maninjau.

Masyarakat yang berkunjung mengklaim, panaroma Bukit Sakura lebih indah ketiimbang panaroma Puncak Lawang dan panaroma Lawang Park. sehingga potensinya harus ditingkatkan menjadi destinasi unggulan di Kabupaten Agam. Lokasi tersebut berjarak sekitar 5 kilometer dari Pasar Akhaik, Nagari Duo Koto, Kecamatan Tanjung Raya. sedangkan menuju pusat pemerintahan Palembayan, mencapai 9 kilometer. meski jauh, lokasi tersebut selalu ramai dikunjungi wisatawan lokal dan nasional. Destinasi wisata tersebut semakin ramai dikunjungi, setelah temuan bunga Rafflesia yang tidak jauh dari lokasi. daya tarik wisata tersebut semakin saling mendukung dan melengkapi.

Pemerintah Nagari Baringin telah membangun plang nama, tempat selfi dan rumah pohon. di tahun 2020 ini, akan dilengkapi dengan kedai, mushalla serta palanta tempat wisawatan duduk santai. Budiman, salah seorang pengunjung mengatakan lokasi tersebut sangat indah dan memukai. Pesona tersebut memberi suasana baru dan berbeda dengan destinasi wisata yang pernah ada. Berharap potensi tersebut terus ditingkatkan, sehingga pengunjung dapat berlama-lama menikmati suasana kesejukan alam Danau Maninjau tersebut.

Selain berdampak positif pada perekonomian masyarakat, juga akan mendongkrak pariwisata Kabupaten Agam nantinya. Terutama destinasi wisata Danau Maninjau yang sempat mati suri belasan tahun lamanya. Walinagari Baringin, Yulbahri Datuak Nan Kodo menambahkan, selain panaroma, Nagari Baringin bertetangga dengan Nagari Paninjauan, Kecamatan Tanjung Raya juga mendapat tambahan daya taring kunjungan lainnya. seperti lokasi tumbuhnya Rafflesia Arnoldi. Di sini juga ada kuliner unik nasi merah atau padi gogo, kopi asli data dan sayur daun sitapu. Keunikan kuliner tersebut akan dikembangkan menjadi khasanah wisata asli Nagari Baringin. berharap mensejahterakan masyarakat nantinya.

Wartawan : RUDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat