Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Jelang Pilkada Masyarakat Diminta Waspada Uang Palsu

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 27 Januari 2020 JAM 06:46:35 WIB

Mengantisipasi peredaran uang palsu menjelang pemilihan kepala daerah, Kapolres 50 Kota mengingatkan masyarakat untuk terus meningkatkan kewaspadaan. Terutama saat melakukan transaksi keuangan maupun menerima uang, masyarakat juga diminta untuk mengenali ciri-ciri uang rupiah yang asli.

Jelang digelarnya pemilihan Bupati-Wakil Bupati Kab. 50 Kota pada September mendatang, masyarakat diminta untuk mengantisipasi dan mencegah terjadinya peredaran uang palsu. Sebab Pilkada rentan dijadikan untuk mengedarkan uang palsu oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Beberapa tahun sebelumnya, aparat Kepolisian di Polres 50 Kota menangkap seorang pengedar uang palsu. Meski bukan diedarkan jelang Pilkada, namun uang palsu itu sampai beredar ditengah-tengah masyarakat. Meski hingga saat ini, beberapa bulan jelang digelarnya Pilkada, aparat kepolisian belum mendekteksi adanya peredaran uang palsu ditengah-tengah masyarakat. Selain menghimbau masyarakat untuk waspada, Kapolres 50 Kota juga meminta jajarannya untuk melakukan razia mengantisipasi peredaran uang palsu.

Menurut Kapolres, langkah pengetatan antisipasi peredaran uang palsu dilakukan untuk mencegah oknum-oknum tertentu memanfaatkan Pilkada untuk meraih keuntungan pribadi atau kelompok. Salah satu cara yang mudah menurut Kapolres untuk membedakan antara uang palsu dan asli adalah dengan menerapkan trik 3 d, yakni dilihat, diraba dan diterawang, serta mengenali unsur pengaman di uang. Selain itu, Bhabinkamtibmas juga diminta lebih aktif melakukan sosialisasi ke tengah-tengah masyarakat.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat