Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Dosen Diharapkan Jadi Pendidik Yang Profesional

Kontributor DaerahKriminalitas 23 Januari 2020 JAM 06:59:50 WIB

Kasus pelecehan seksual yang dilakukan oleh oknum dosen kepada salah satu mahasiswanya di perguruan tinggi di Kota Padang menarik perhatian masyarakat beberapa minggu terakhir. Kasus ini diharapkan tidak kembali terjadi karena hal ini dapat merusak wajah pendidikan di indonesia.

Penangan kasus pelecahan seksual oleh Polda Sumatera Barat yang diduga di lakukan oleh oknum dosen terhadap masisiwinya di salah satu perguruan tinggi negeri di Kota Padang menarik perhatian masyarakat Sumatera Barat . Pengamat hukum sekaligus dosen, Adhi Wibowo merasa prihatin dengan adanya kasus tersebut dan mengapresiasi pihak yang telah berupaya untuk mengungkap kasus tersebut.

Adhi Wibowo menilai pengungkapan kasus ini dapat menjadi pelajaran bagi oknum dosen sebagai pendidik agar tidak memanfaatkan kekuasaanya terhadap mahasiswa untuk kepentingan pribadi. Selain itu dengan pengungkapan ini bisa menjadi gambaran kecil bururuknya pendidikan di perguruan tinggi yang dilakukan oleh oknum dosen. Untuk itu Adhi  Wibowo berharap agar pelaku dapat diberikan hukuman yang sesuai sehingga akan menimbulkan efek jera bagi oknum dosen yang melakukan tindakan yang sama terhadap mahasiswanya. Perbuatan pelecehan seksual secara khusus tidak diatur dalam KUHP, tetapi pelecehan seksual masuk ke dalam kategori perbuatan cabul pasal 286-292 dengan ancaman diatas lima tahun penjara.

Adhi Wibowo berharap kasus seperti ini tidak kembali terjadi, karena ini akan merusak wajah pendidikan di Indonesia. Dan Adhi Wibowo berharap agar mahasiswa dapat lebih bersifat kritis dari setiap kebijakan dan tugas yang diberikan oleh dosen sehingga tidak merugikan mahasiswa. Selain itu diharapkan kepada seluruh dosen agar dapat menjadi sosok pendidik yang profesional dan tidak melakukan perbuatan yang merusak pribadi dan profesi dosen secara umum.

 

Wartawan : IRWAN SANTOSO DAN JONI B
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat