Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Atasi Sampah, DLH Akan Pasang Kubus Apung Di Hulu Sungai

Kontributor DaerahLingkungan 22 Januari 2020 JAM 06:58:10 WIB

Meminimalisir jumlah sampah yang menumpuk di tepi pantai pasca debit air tinggi dan hujan, Dinas Lingkungan Hidup berencana akan memasang kubus apung di tiga titik Sungai di Batang Arau. Pemasangan kubus dapat membantu menahan sampah dari hulu sebelum masuk ke hilir sungai. Pemerintah Kota Padang melalui Dinas Lingkungan Hidup berencana akan memasang tiga kubus apung di tiga titik sungai di Kota Padang.

Lokasi pemasangan kubus apung akan di letakkan di kawasan Batang Arau, ini berdasarkan pemantauan yang dilakukan oleh DLH, tingkat limbah yang paling tinggi terdapat di kawasan Batang Arau. Pemasangan kubus apung ini diakui Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Padang bertujuan untuk meminimalisir jumlah sampah yang menumpuk di tepi pantai.

Pemasangan kubus di tiga titik sungai tersebut menghabiskan anggaran 500 juta rupiah. Upaya ini dilakukan karena pasca hujan, sampah yang menumpuk di tepi pantai merupakan berasal dari laut dan hulu sungai.  Sampah dibawa oleh aliran air dari hulu ke hilir sungai, kemudian sampah akan berada di palung palung laut dan proses tersebut terjadi bukan sebulan dua bulan melainkan bertahun-tahun.

Kemudian disaat debit curah air hujan tinggi, pasang naik air laut yang mendorong sampah tersebut keluar dari laut ke tepi pantai.  Saat ini DLH sudah menyusun kak atau kerangka acuan kerja yang kemudian akan ditenderkan dan langsung dilakukan pemasangan yang ditargetkan pada bulan Maret. Mairizon juga menambahkan pemasangan kubus apung membantu menahan sampah dari hulu sebelum masuk ke hilir sungai. Setelah tertahan, sampah tersebut selanjutnya dikeruk untuk kemudian dibuang ke tempat pembuangan sampah.

Wartawan : : DELIMA, JONISARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat