Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Dharmasraya

Situasi Dharmasraya mulai kondusif pasca bentrok

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 03 Agustus 2016 JAM 08:02:11 WIB

Petugas keamanan perkebunan sawit dan dari Kepolisian Resort Dharmasraya tampak mengawal setiap proses yang dilakukan pekerja pabrik sawit perbatasan Dharmasraya Sijunjung. Walau sebelumnya pekerja kebun sempat cemas dengan aksi yang dilakukan oleh warga yang bentrok takut menjadi sasaran, sekarang pekerja sudah normal kembali bekerja.

Masyarakat yang lain  hendak mengantar buah sawit ke pabrik dengan menggunakan truk juga merasa kwatir menjadi amukan warga lain, pasalnya melintasi jalan perbatasan yang diperebutkan warga. Pihak PT perkebunan sawit menyebutkan sebagian dari lahan perkebunan masuk dalam kawasan Kabupaten Sijunjung dan Kabupaten Dharmasraya, letak pabrik sampai sekarang belum di tentukan masuk dalam kawasan mana.

Bentrok antar warga di dua Kabupaten di perbatasan Kabupaten Dharmasraya dan Kabupaten Sijunjung  pada perkebunan sawit PT Bina Sakato yang ke sekian kalinya mencuat gara-gara ada sepanduk bertuliskan selamat datang anda memasuki wilayah Kabupaten Dharmasraya disebuah persimpangan, spanduk tersebut juga telah diturunkan.

Pemuda dan warga kampung surau Nagari Gunung selasih Dharmasraya mengakui telah memasang spanduk tersebut, kemudian berencana akan membangun sebuah gerbang perbatasan dengan beton permanen. Sedangkan warga nagari parik malintang Kecamatan Kamang Baru Kabupaten Sijunjung merasa tidak senang dengan seenaknya menentukan batas, menurut warga batas tersebut masih masuk wilayahnya.

Kapolda Sumatera Barat pada kesempatan kelokasi bentrok kemarin menegaskan untuk menambah kekuatan pengamanan di lokasi khususnya perkebunan sawit PT Bina Sakato Jaya, dengan menambahkan anggota keamanan brimob.

Wartawan : Muh. Supadi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat